Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Hari Tua Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda (Marselinus Julio)

March 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Mar 6, 2024 @ 9:06 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Analisis Kualitas Pelayanan Program Jaminan Hari Tua Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Marselinus Julio
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Jaminan Sosial, Jaminan Hari Tua
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan daripada penelitian adalah untuk mengetahui bagaiman kualitas pelayanan program jaminan hari tua di BPJS Ketenagakerjaan dan apa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan Program Jaminan Hari Tua di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, fokus penelitian tentang kualitas pelayanan berdasarkan indikator bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pelayanan. Kemudian key informan pada penelitian ini ialah Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan program jaminan hari tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Samarinda sudah cukup baik dari segi bukti fisik dan empati setiap pegawai terhadap masyarakat, ketanggapan dan juga jaminan yang diberikan kepada masyarakat juga sudah cukup baik. Faktor pendukung dari adanya kerjasama antar pegawai atau rekan kerja yang baik dan didukung dengan beberapa fasilitas yang memadai, namun masih terdapat penghambat yaitu dari segi kehandalan dan kurangnya pegawai customer service yang melayani masyarakat dan maintainance website LAPAK ASIK atau Aplikasi JMO yang waktunya tidak bisa ditentukan. Keterbatasan dalam penelititan ini meliputi subjektifitas pada peneliti sehingga sangat tergantung pada interprestasi tentang makna yang terdapat dalam wawancara sehingga kecenderungan untuk bias masih ada. Untuk mengurangi bias dilakukan suatu proses triangulasi sumber dengan cara membandingkan data dengan fakta dari informan yang berbeda dan dari hasil penelitian lainnya dan dengan cara pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Saipul, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29/01/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading