Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Desa (Digides) Di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Elvira Maatang)
March 6, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Mar 6, 2024 @ 9:04 AM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Penerapan Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Digital Desa (Digides) Di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Elvira Maatang
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi Digides
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi digital desa (digides) di desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara dan mengidentifikasi faktor penghambat menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu Support/dukungan, capacity/kapasitas, value/manfaat serta faktor penghambat penerapan inovasi pelayanan publik. Key informan yaitu Kepala Desa Loa Duri Ilir kemudian informan yaitu Sekretaris Desa Loa Duri ilir, Kasih pelayanan dan Masyarakat pengguna aplikasi digides. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan Teknik analisis data model interaktif. Penerapan inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi digides dilihat dari elemen support/dukungan sudah terlihat dukungan penuh dari Kepala Desa Loa Duri Ilir dan dukungan suprastruktur dari pemerintah pusat hingga daerah, dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan pemerintah Desa Loa Duri Ilir. elemen capacity/kapasitas yaitu sumberdaya manusia yang mengelola aplikasi Digides harus ditingkatkan melalui pelatihan dan sumberdaya infrakstruktur telekomunikasi di Desa Loa Duri Ilir sudah memadai terlihat dan ketersediaan sumberdaya finansial ini sudah terlihat dari di anggarkannya melalui APBDes dan ADD. Selanjutnya indikator value/nilai yaitu manfaat yang didapatkan yakni hemat biaya, waktu dan tenaga. Untuk faktor penghambat belum adanya suatu SOP yang mengatur dengan jelas. Terbatasnya sumberdaya manusia dibidang teknis aplikasi Digides, serta kurangnya sosialisasi aplikasi Digides kepada masyarakat, masih seringnya terjadi pemadaman listrik, serta gangguan sistem dari pusat/Provaider Digides.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29/01/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4828
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article