Analisis Dampak Aturan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Administrasi Publik Fisip Unmul. (Bety Mayrosalinda)

January 19, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Web, Admin
On: Jan 19, 2024 @ 2:51 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Analisis Dampak Aturan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Administrasi Publik Fisip Unmul.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Bety Mayrosalinda
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembelajaran daring, belajar dari rumah, kuliah daring
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak aturan belajar dari rumah pada masa pandemi covid-19 pada Mahasiswa Administrasi Negara Angkatan 2017- 2019 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan fokus penelitian pada: dampak yang dialami peserta didik selama melaksanakan proses pembelajaran, solusi yang diharapkan peserta didik dalam mengatasi masalah serta upaya yang dilakukan oeh Fisip Unmul dalam mengatasi masalah pembelajaran tersebut. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Dampak yang terjadi akibat diterapkannya sistem pembelajaran dari rumah pada masa pandemi Covid-19 terdiri atas dampak positif dan negatif, dampak positif meliputi: para dosen bisa bekerja di rumah dan lebih nyaman, serta tidak perlu ke kampus, bagi mahasiswa tentunya waktu pembelajaran lebih singkat, dan tidak menyulitkan mahasiswa untuk datang ke kampus dan dapat melakukan aktifitas lain di rumah, sedangkan dampak negatif yang dirasakan yakni kesulitan fokus, kurang memahami materi karena gangguan jaringan, pertemuan luring dengan dosen dan teman-teman terbatas, 2) Solusi yang diharapkan mahasiswa ada beragam, seperti pembagian kuota internet gratis yang cukup, aplikasi yang lebih efisien, metode- metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik seperti pembuatan video dan modul ringkasan materi. 3) Adapun upaya dari pihak kampus yaitu adanya pembagian kuota internet secara gratis bagi seluruh mahasiswa dan para dosen, serta adanya pelatihan yang diberikan bagi dosen untuk menggunakan aplikasi untuk kelas daring, dan penyediaan akun zoom meeting untuk pertemuan kelas.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si. dan Dr. Fajar Apriani, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19/01/2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email