Representasi Quarter Life Crisis Pada Film “Tick, Tick… Boom!” (Analisis Semiotika John Fiske) (Yasmara Dwi Alsyifa, Silviana Purwanti)

January 16, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 16, 2024 @ 10:35 AM
IP: 125.162.113.11

  • 1. Title [Judul]: Representasi Quarter Life Crisis Pada Film “Tick, Tick… Boom!” (Analisis Semiotika John Fiske)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yasmara Dwi Alsyifa, Silviana Purwanti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Representasi, Quarter Life Crisis, Semiotika, Film
  • 4. Description [Abstrak] : Pada zaman saat ini, seringkali usia 20 hingga awal 30-an dianggap sebagai waktu terbaik dalam hidup seseorang. Namun, individu yang mengalami transisi dari remaja menuju dewasa di usia ini tidak terbebas dari tekanan yang muncul di kemudian hari. Sebagian orang pada tahap kehidupan ini mengalami masa-masa ketidakpastian dan kecemasan dimana mereka mempertanyakan tujuan, rencana, dan bahkan hubungan mereka. Fenoma seperti ini disebut sebagai krisis seperempat abad atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai quarter life crisis.
    Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan bagaimana quarter life crisis yang dialami oleh Jonathan Larson dalam film “Tick, Tick… Boom!” dilihat melalui perspektif semiotika John Fiske serta untuk menemukan ideologi yang terdapat di dalam film tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika model John Fiske melalui 3 level tanda yakni level realitas, level representasi, dan level ideologi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam film “Tick, Tick…Boom!” terdapat 8 adegan yang menggambarkan penyebab terjadinya quarter life crisis, ciri-ciri quarter life crisis serta bagaimana cara menghadapi quarter life crisis tersebut. Pada level realitas terlihat pada kode lingkungan, perilaku, ekspresi, dan gestur. Level representasi ditunjukkan dalam kode kamera, pencahayaan, suara dan percakapan. Sementara level ideologi yang terkandung di dalam film tersebut antara lain yakni kapitalisme, kelas sosial, individualisme, dan liberalisme.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Silviana Purwanti, S.Sos, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email