Implementasi Layanan Parkir Elektronik (e-Parking) oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda (Studi Kasus Jalan Diponegoro). (M. Arya Akbar Perdana)
January 11, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Jan 11, 2024 @ 12:47 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Implementasi Layanan Parkir Elektronik (e-Parking) oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda (Studi Kasus Jalan Diponegoro).
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: M. Arya Akbar Perdana
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: e-parking, retribusi parkir, juru parkir
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan layanan parkir elektronik dapat memaksimalkan pendapatan daerah dari industri retribusi parkir dan mengetahui kendala-kendala yang harus diatasi oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda dalam rangka memaksimalkan layanan parkir elektronik. Model implementasi, seperti yang dikemukakan oleh Edward III, menyatakan bahwa faktor-faktor berikut mempengaruhi implementasi kebijakan: struktur birokrasi, komunikasi, sumber daya, dan disposisi. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian deskriptif. Selain itu, terdapat kendala yang harus diatasi sebelum sistem parkir elektronik dapat diterapkan. Sumber data digunakan metode purposive sampling, selain metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pencatatan. Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan atau verifikasi merupakan pendekatan analisis data yang digunakan. Kesimpulan dari implementasi layanan parkir elektronik di Kota Samarinda, khususnya di Jalan Diponegoro, masih jauh dari kata berhasil dikarenakan ditemukan adanya hambatan-hambatan dalam upaya penerapan parkir elektronik di Kota Samarinda, antara lain; hambatan konsistensi komunikasi, sumber daya manusia, dan komitmen oleh pelaku kebijakan. Dalam aspek komunikasi yang berfungsi sebagai penghubung dalam setiap komponen mendasar implementasi kebijakan masih dirasa belum maksimal. Aspek sumber daya, kekurangannya terletak pada sumber daya manusia berupa juru parkir yang kurang kompeten dalam menjalankan tugasnya dan terbatasnya jumlah staff yang mengawasi juru parkir. Aspek disposisi, Ditemukan kecenderungan atas ketidakjujuran juru parkir untuk melakukan penyetoran melalui parkir elektronik yang disebabkan oleh kurangnya komitmen juru parkir dalam menjalankan tugas.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11/01/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4820
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article