Faktor Penghambat Program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu. (Eka Ruspita Sari)
January 3, 2024
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Web, Admin
On: Jan 3, 2024 @ 5:10 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Faktor Penghambat Program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ulu.
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eka Ruspita Sari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Konsultasi Perpajakan, Layanan Perpajakan, Perpajakan Online
- 4. Description [Abstrak] : Demi terselenggaranya layanan perpajakan terutama dibidang konsultasi perpajakan ditengah perkembangan globalisasi dan Covid-19, Direktorat Jendral Pajak harus melaksanakan inovasi sektor publik yang tidak terlepas dari tantangan atau faktor penghambat didalamnya. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk mengeindentifikasi faktor penghambat dari program Konsultasi Perpajakan Online (KOPi) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda Ulu Kota Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yang digunakan adalah model interaktif, yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini terdapat dua faktor yang menjadi penghambat layanan Konsultasi Perpajakan Online (KOPi), yakni faktor penghambat internal merupakan faktor yang berasal dari dalam Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Samarinda Ulu itu sendiri dimana kemampuan dan ketersediaan petugas maupun instansi dalam memberikan layanan kepada masyarakat itu sendiri, dimana dalam proses layanan tersebut menggunakan aplikasi WhatApp yang memiliki hambatan hanya bisa melayani satu Wajib Pajak dalam satu akun WhatApp karena akun tersebut hanya bisa login di satu komputer petugas pajak. Kemudian faktor penghambat secara eksternal merupakan faktor yang berasal dari masyarakat umum atau Wajib Pajak yang telah terdaftar pada KPP Pratama Samarinda Ulu, terdapat beberapa hambatan yakni masyarakat umum yang belum bisa memahami bagaimana cara melakukan konsultasi pada KPP Pratama Samarinda Ulu yang berbasis online, serta kendala pada Wajib Pajak yang bertempat tinggal dengan minim akses internet. Peningkatan aplikasi WhatApp serta sosialisasi harus dilakukan secara konsisten dalam menyebarluaskan program inovasi KOPi KPP Pratama Samarinda Ulu agar menyetuh semua kalangan masyarakat.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 03/01/2024
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4812
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article