Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Dana Desa di Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser (Muhammad Gusti Naufal)

December 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Naufal, Muhammad Gusti
On: Dec 28, 2023 @ 4:57 PM
IP: 125.160.115.115

  • 1. Title [Judul]: Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Dana Desa di Desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Gusti Naufal
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pemberdayaan masyarakat, dana desa, pengelolaan
  • 4. Description [Abstrak] : Pemberian dana desa yang berasal dari APBN bertujuan untuk prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Peran masyarakat juga menjadi hal yang penting dalam pelaksanaan pengelolaan dana desa terutama pada proses pelaksanaan kegiatan yang menyangkut kebutuhan warga desa. Pemerintah Desa dan masyarakat saling bekerjasama untuk tercapainya penggunaan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pemberdayaan masyarakat dan kendala dalam pemberdayaan masyarakat melalui dana desa di desa Tapis Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program pemberdayaan masyarakat melalui dana desa yang dijalankan oleh Pemerintah Desa Tapis sudah terlaksana dengan cukup baik. Dana desa memiliki pengaruh dalam proses berjalannya program pemberdayaan masyarakat, terbukti dengan terwujudnya pemberdayaan seperti pelatihan UMKM dalam pengemasan produk, kegiatan BUMDes yaitu, membuat dan mengikuti pelatihan bimtek dan sosialisasi, serta kegiatan Pokja dari PKK seperti mengikuti perlombaan dan mengadakan sosialisasi. Dengan adanya pemberdayaan tersebut masyarakat memiliki keterampilan dari pelatihan yang dijalankan sehingga mengalami peningkatan kemampuan dan kesejahteraan. Kendala yang dihadapi dalam prosesnya berupa kurangnya modal usaha, kurang memanfaatkan digital marketing, dan masih beradaptasi dengan bangunan yang masih baru.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Arifin, M.Hum.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Desember 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email