STRATEGI KOMUNIKASI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEPOLISIAN RESORT PENAJAM PASER UTARA GUNA MENINGKATKAN CITRA KEPOLISIAN DI MASYARAKAT (Agus Surahman, Rina Juwita)

December 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Surahman, Agus
On: Dec 28, 2023 @ 12:24 PM
IP: 36.85.7.98

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) KEPOLISIAN RESORT PENAJAM PASER UTARA GUNA MENINGKATKAN CITRA KEPOLISIAN DI MASYARAKAT
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Agus Surahman, Rina Juwita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Hubungan Masyarakat, Citra
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bagaimana strategi komunikasi Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Resort Penajam Paser Utara guna meningkatkan citra Kepolisian di masyarakat, dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Strategi Komunikasi seksi Hubungan Masyarakat Polres Penajam Paser Utara dalam meningkatkan citra kepolisian di masyarakat dilakukan dengan cara menyampaikan informasi dengan secara langsung di lapangan, dan keluhan masyarakat menggunakan media sosial, misalnya kerjasama platform Youtube Sampul Sayyid, dengan konten Podcast membahas, dan memberikan informasi terkait isu-isu, peraturan-peraturan, dan fenomena-fenomena yang berkaitan keamanan dan ketertiban masyarakat serta informasi lainnya. Strategi Komunikasi tersebut telah sesuai dalam menerapkan tahapan strategi komunikasi mulai dari indikator pada tahap penelitian dengan meneliti permasalahan dilakukannya strategi komunikasi, tahap perencanaan dengan menyusun rencana pelaksanaan tupoksi Humas Polres PPU, tahap pelaksanaan penyampaian informasi, dan tahap evaluasi kegiatan dan hasil media sosial Humas Polres PPU, serta tahapan pelaporan dengan melaporkan hasil kegiatan dan aktivitas media sosial. Namun pada tahapan evaluasi, belum dilakukan secara mendalam baik dalam evaluasi pelaksanaan tugas maupun penyampaian informasi kepada masyarakat melalui media sosial. Sehingga berdasarkan Situational Crisis Communication Theory seksi Humas Polres PPU tidak dapat menetapkan strategi komunikasi yang efektif untuk meningkatkan citra kepolisian di masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita, S.IP., M.HRIR
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email