Studi Fenomenologi Motif Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Etika Bisnis Pada PT. United Tractors Site Loajanan-Sanga (Aolia Putri)

December 27, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Putri, Aolia
On: Dec 27, 2023 @ 10:58 AM
IP: 114.10.139.214

  • 1. Title [Judul]: Studi Fenomenologi Motif Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Etika Bisnis Pada PT. United Tractors Site Loajanan-Sanga
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aolia Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Corporate Social Responsibility (CSR); Etika Bisnis; Motif
  • 4. Description [Abstrak] : Corporate Social Responsibility (CSR) saat ini masih menjadi focus permasalahan yang cukup penting bagi eksistensi dunia bisnis. Corporate Social Responsibility (CSR) menilai keberhasilan Perusahaan dengan mengutamakan prinsip-prinsip etika bisnis yang dianggap paling bermanfaat. Maka dari itu, beragam motif yang mendasari terbentuknya pelaksanaan tanggung jawab social seperti motif philanthropy, ekonomi, dan mandatory ini tentu merupakan hal yang menarik untuk dikaji lebih dalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang terkandung dalam pelaksanaan CSR dengan menggunakan prinsip-prinsip etika bisnis pada PT. United Tarctors Site Loa Janan-Sanga. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kulitatif dengan berdasar pada fenomena atau temuan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PT. United Tractors Site Loa Janan-Sanga berasas pada motif philanthropy atau kedermewanan dalam pelaksanaan CSR nya. Hal ini dapat terlihat dari beberapa program yang belum terlaksana dengan baik dan juga tidak mengarah pada tingkat kenaikan penjualan serta adanya bentuk tanggung jawab social Perusahaan karyawan Perusahaan yang justru menjadi tradisi dalam budaya Perusahaan hingga kini. Sehingga motif ekonomi dan mandatory tidak dianggap relevan dalam pelaksanaan CSR di Perusahaan ini.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 4 Desember 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email