Implementasi Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Kota Samarinda (Lukitasari Azzahra Wibowo)

December 21, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Dec 21, 2023 @ 5:21 PM
IP: 125.160.114.156

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga di Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Lukitasari Azzahra Wibowo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Program Peningkatan Pendapatan, Kelompok Akseptor, Kemandirian Ekonomi
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan mengidentifikasi faktor penghambat pelaksanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus analisis berdasarkan pada teori Grindle melalui variabel content of policy. Key informan adalah pihak BKKBN Kalimantan Timur dan DPPKB Kota Samarinda serta informan kelompok UPPKA Kota Samarinda. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian berdasarkan variabel content of policy (Isi Kebijakan) menunjukkan kepentingan kelompok sasaran tercapai dengan perbaikan dan peningkatan taraf ekonomi keluarga. Tipe manfaat ditunjukkan dengan adanya keuntungan yang didapatkan dalam pelaksanaan program, baik bagi kelompok sasaran maupun pelaksana. Derajat perubahan menunjukkan peningkatan pendapatan keluarga secara mandiri. Letak pengambilan keputusan sudah tepat oleh bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB Kota Samarinda. Sementara itu, sumber daya manusia dan anggaran masih belum terpenuhi menjadi faktor pengambat pelaksanaan program karena kurangnya petugas lapangan dan anggaran mengakibatkan pelaksanaan program menjadi kurang maksimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Kus Indarto, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 21/12/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email