Pengelolaan Sampah Modern Berbasis 3R (Reuse Reduce Recycle) di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaharuddin)

December 20, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Dec 20, 2023 @ 5:16 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Pengelolaan Sampah Modern Berbasis 3R (Reuse Reduce Recycle) di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kaharuddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, Sampah Rumah Tangga
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen pengelolaan sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara. selain itu juga untuk mengetahui factor yang menajdi kendala Pemrinatah Kecamatan Anggana dalam Pengeloaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai KartanegaraJenis Penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif Deskrisi. Focus penelitian yang diambil adalah Pembatasan (Reduice), Pemanfaatan Kembali (Reuce), Pendauran Ulang (Recaycle) dan Pengelolaan dan Pemrosesaan Akhir serta factor pengehambat pengelolaan sampah di Kecamatan Anggana. Dalam penelitian ini Key Informan adalah Camat Anggana. Teknik pengeumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil hasil penelitian dalam Manajemen Pengelolaan Sampah Studi Perda No.4 Tahun 2014 Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara membentuk pengelolaan sampah seperti Bank Sampah di setiap desa namun dalam pelasaksanaanya belum banyak masyarakat yang tahu tenteng pengelolaan sampah 3R di masyarakat dan kurang masimalnya sosialiasi antara masyarkat dengan pemerintah dan faktor penghambat pengelolaan sampah di Kecamatan Anggana Wilayah yang sulit dijangkau oleh pemerintah Peran dari pemerintah yang masih kurang dalam mensosialisasikan dan memberitahukan mengenai pengelolaan sampah yang baik dan benar Koordinasi setiap kepala Dinas, kecamatan maupun desa yang masih kurang. Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui informasi mengenai pengelolaan sampah serta kurangnya fasilitas pengelolaan sampah seperti truk sampah dan tempat sampah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si. dan Dr. Santi Rande, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20/12/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email