Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 43 Tahun 2018 tentang Pedoman Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda. (Febriani Mercy Linda Palohoon)

December 19, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Dec 19, 2023 @ 5:01 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 43 Tahun 2018 tentang Pedoman Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda.
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Febriani Mercy Linda Palohoon
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Pelayanan Kesehatan, Perilaku Hidup Sehat.
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi peraturan Walikota Samarinda Nomor 43 Tahun 2018 tentang Pedoman Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada implementasi Peraturan Walikota Samarinda Nomor 43 Tahun 2018 tentang Pedoman Gerakan Masyarakat Hidup Sehat meliputi empat variabel yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi serta faktor-faktor penghambatnya. Dalam penelitian ini key informan adalah Ketua Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Samarinda dengan informan lainnya adalah staf Promosi Kesehatan dan Pemeberdayaan Masyarakat dan masyarakat Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam implementasi program gerakan masyarakat hidup sehat oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda dalam hal teknis pelaksanaan dilakukan oleh UPTD Pelayanan Kesehatan Masyarakat dan dalam mendukung pelaksanaan dari berbagai lintas sektor maka hal tersebut menjadi satu dalam forum germas yang mana diketuai langsung oleh Walikota Samarinda. Pelaksanaan germas pada tatanan Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan forum germas telah berjalan dengan komunikasi yang baik, sumber daya yang memadai, disposisi atau komitmen yang dijalankan dan struktur birokrasi dengan tugas serta wewenang yang jelas melalui surat Keputusan Walikota Samarinda. Implementasi program germas tidak terlepas dari hambatan-hambatan yang telah terjadi, berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa adapun kendala yang terjadi adalah kurangnya sosialisasi program kepada masyarakat secara menyeluruh dan kurangnya konsistensi anggota forum germas sebagai pelaksana dalam melaporkan kegiatan germas yang telah terlaksana.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si. dan Dr. Santi Rande, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19/12/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email