Inovasi Pelayanan Publik dalam Peningkatan Daya Saing di Kantor Pos Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Okia Devianti)

December 19, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Dec 19, 2023 @ 4:50 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Inovasi Pelayanan Publik dalam Peningkatan Daya Saing di Kantor Pos Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Okia Devianti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Inovasi Pelayanan Publik, Pelayanan Kantor Pos, Daya Saing
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi inovasi dalam pelayanan publik yang dapat meningkatkan daya saing di Kantor Pos Tenggarong, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat inovasi dalam pelayanan publik yang dapat meningkatkan daya saing di Kantor Pos Tenggarong. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian mencakup inovasi pada produk dan jasa layanan, inovasi dalam proses pelayanan, inovasi dalam perubahan karakteristik dan penyediaan fasilitas publik, serta identifikasi faktor-faktor yang dapat menghambat inovasi dalam pelayanan publik untuk meningkatkan daya saing di Kantor Pos Tenggarong. Dalam penelitian ini key informan adalah Kepala Kantor Pos Tenggarong didukung informan lainnya adalah Manajer Pelayanan, Manajer Proses dan Antaran, Customer Service, kurir atau pengantar, serta masyarakat yang menggunakan jasa Kantor Pos Tenggarong. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penelitian ini mengadopsi model analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa inovasi dalam pelayanan publik untuk meningkatkan daya saing di Kantor Pos Tenggarong belum sepenuhnya mengadopsi seluruh produk dan jasa layanan yang ditawarkan oleh Pos Indonesia., terdapat keluhan dari pengguna jasa setidaknya 5 (lima) kasus pengaduan setiap harinya terkait pelayanan Kantor Pos Tenggarong, serta penyediaan fasilitas publik belum maksimal karena belum tersedianya fasilitas umum seperti toilet, fasilitas ramah disabilitas dan lansia, serta Pos Indonesia masih mempersiapkan pelayanan berbasis digital guna pelacakan paket secara akurat. Sehingga pada kenyataan yang ada di lapangan belum sepenuhnya Kantor Pos Tenggarong melaksanakan inovasi pelayanan publik. Beberapa kendala dalam inovasi pelayanan publik untuk meningkatkan daya saing di Kantor Pos Tenggarong melibatkan keterbatasan sumber daya manusia, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas. Selain itu, terdapat tantangan dalam kemampuan komunikasi antara pegawai di front office dan pengguna jasa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19/12/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email