Evaluasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Pada SDN 017 Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur (Rindang Dwi Sulistiyowati)

December 15, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Dec 15, 2023 @ 4:13 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Pada SDN 017 Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rindang Dwi Sulistiyowati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Evaluasi Kebijakan Publik, Pembelajaran Jarak Jauh, CIPP.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di SDN 017 Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang fokus pada evaluasi kebijakan pendidikan jarak jauh yang dapat memberikan layanan pendidikan jarak jauh yang baik kepada siswa sekolah agar pendidikan tidak menjadi kluster penyebaran covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta pendekatan analisis data dengan menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, pengambilan kebijakan pembelajaran jarak jauh bagi sekolah dapat dikatakan kurang tepat karena masih banyaknya kendala dalam proses pembelajaran. Pada evaluasi input, kesiapan dari sarana pendukung pembelajaran jarak jauh belum cukup memadai apalagi masih ada keterbatasan pengetahuan dalam penggunaan teknologi baik siswa maupun orang tua mereka. Pada evaluasi proses yaitu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berjalan cukup baik dengan keputusan pihak sekolah untuk memadukan pembelajaran jarak jauh dan tatap muka agar pembelajaran tetap dapat berjalan serta mengatasi masalah yang mereka hadapi. Dari sisi evaluasi produk, kebijakan pendidikan jarak jauh mengakibatkan turunnya nilai siswa karena kendala jaringan dan perangkat pembelajaran. Namun, tidak ada siswa maupun guru yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama pelaksanaan pendidikan jarak jauh.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15/12/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email