Strategi Bertahan Masyarakat Petani Di Tengah Area Pertambangan Batu Bara Desa Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang (Rickhar Rusnafadilah)

December 13, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 13, 2023 @ 12:53 AM
IP: 36.85.32.137

  • 1. Title [Judul]: Strategi Bertahan Masyarakat Petani Di Tengah Area Pertambangan Batu Bara Desa Bukit Raya Kecamatan Tenggarong Seberang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rickhar Rusnafadilah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Petani,sawah,tambang batu bara, strategi bertahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan upaya adaptasi petani pada dampak tambang batu bara menggunakan Teori Strategi Bertahan oleh Suharto. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam.
    Ditemukan bahwa petani melakukan strategi aktif, pasif, dan jaringan. Strategi aktif yaitu menambah penghasilan dengan pekerjaan selain bertani serta menambah anggota keluarga yang bekerja, strategi pasif ya itu dengan berhemat biaya untuk kesehatan dan kebutuhan pangan sehari-hari, dan strategi jaringan ya itu memanfaatkan relasi sosial untuk mendapatkan uang namun hanya saat ada kebutuhan mendesak. Diantara ketiga strategi tersebut petani dominan pada strategi aktif dan pasif yaitu memperbanyak sumber penghasilan dari pekerjaan alternatif dan menghemat biaya pangan dan pengobatan saat sakit. Strategi jaringan hanya dilakukan jika memiliki kebutuhan yang bersifat mendesak.
    Hasil penelitian ini merekomendasikan pemerintah atau swasta untuk mengembangkan strategi aktif melalui program fasilitasi pada petani terdampak untuk menambah pendapatan melalui sektor lain seperti berkebun atau beternak, dengan meningkatkan pendapatan melalui sumber lain para petani tidak perlu melakukan penghematan yang membuat mereka membatasi akses kesehatan dan pangan untuk pemenuhan gizi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dra.Lisbet Situmorang M.S.i
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email