Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Samarinda (Ilham Puji Aditya, Ainun Ni’matu Rohmah)

December 12, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Dec 12, 2023 @ 8:42 PM
IP: 114.125.170.215

  • 1. Title [Judul]: Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi Dan Informasi Pemerintah Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ilham Puji Aditya, Ainun Ni’matu Rohmah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Media sosial, Instagram, Pemerintah Kota
  • 4. Description [Abstrak] : Keberadaan media sosial bermanfaat bagi suatu instansi pemerintahan. Media sosial dapat dijadikan sebagai platform untuk menjalankan komunikasi strategis dan komunikasi publik pemerintah kepada masyarakat. Melalui skripsi ini yang berjudul Pemanfaatan Media sosial Instagram sebagai media komuikasi dan informasi Pemerintah Kota Samarinda @pemkot.samarinda, Peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media peyebaran informasi dan komunikasi Pemerintah Kota Samarinda. Metode penelitian yang ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus Adapun penelitian ini menggunakan teori Teori kesempurnaan media (Media Richness Theory) oleh Richard L. Draf dan Robert. H. Lengel. Teori ini mengatakan terdapat empat kriteria untuk menilai kegunaan media yaitu, Kesegaran, keragaman isyarat, variasi Bahasa, dan sumber personal.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Instagram Pemkot Samarinda memanfaatkan akun instagramnya sebagai media informasi kepada masyarakat dan menjadi media monitoring opini dan aspirasi masyarakat terhadap pemerintah Kota Samarinda. Namun dalam pelaksanan pengelolaanya masih belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari umpan balik yang belum di maksimalkan, konten-konten yang masih belum bervariasi, fitur fitur Instagram yang masih bisa dimaksimalkan dan status Verified atau centang biru yang masih belum ada pada Instagram @pemkot.samarinda
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ainun Ni’matu Rohmah, S.I.Kom.,M.A
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email