PERSEPSI MASYARAKAT BALIKPAPAN TERHADAP LAYANAN CALL CENTER 110 KEPOLISIAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR (Angga Gautama, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom)

November 22, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 22, 2023 @ 1:33 PM
IP: 114.122.228.164

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MASYARAKAT BALIKPAPAN TERHADAP LAYANAN CALL CENTER 110 KEPOLISIAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Angga Gautama, Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Call center 110, Proses Komunikasi, Kepolisian Republik Indonesia
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisa persepsi masyarakat Balikpapan terhadap layanan call center 110 Polda Kaltim, dengan fokus pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Peneliti menggunakan teori Penilaian Sosial dalam konteks ini untuk memahami bagaimana masyarakat menilai dan merespons layanan ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori penilaian sosial. Teori ini menunjukkan bahwa seseorang cenderung menggunakan pengalaman pribadi sebagai dasar dalam memberikan penilaian. Penilaian ini dipengaruhi oleh faktor internal dan pengalaman masa lalu individu. Aspek kognitif mencerminkan bahwa masyarakat memiliki beragam sumber pengetahuan yang memengaruhi persepsi positif mereka. Aspek afektif, respons cepat dan panduan yang jelas dari petugas call center meningkatkan kepuasan masyarakat, menciptakan rasa aman, dan memperkuat keyakinan pada efektivitas layanan ini. Aspek psikomotor mencakup peran penting Layanan Call Center 110 merespon situasi darurat.Hasil penelitian ini mencerminkan pentingnya Layanan Call Center 110 dalam menjaga keamanan masyarakat Balikpapan. Persepsi positif masyarakat sangat dipengaruhi oleh akses informasi yang mudah dan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat pengguna dan petugas call center. Rekomendasi termasuk peningkatan pelatihan petugas, kampanye edukasi publik, dan komitmen terhadap respons cepat, yang semuanya akan membantu memperkuat layanan ini untuk mendukung masyarakat secara lebih efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2024
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email