Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Creative Digital Agency pada Branding.in Samarinda (Intan Thania Amelia)
November 6, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Nov 6, 2023 @ 12:02 PM
IP: 110.139.164.140
- 1. Title [Judul]: Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Creative Digital Agency pada Branding.in Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Intan Thania Amelia
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Branding.in; Bauran Pemasaran Jasa; Komunikasi Pemasaran Terpadu
- 4. Description [Abstrak] : Membangun komunikasi pemasaran tentu merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan di dalam melakukan bisnis. Namun dalam melakukan komunikasi juga diperlukan strategi yang baik untuk menunjang keberhasilan tersebut. Hal ini didorong pula oleh perkembangan zaman yang membuat pelaku bisnis harus bisa memanfaatkan sarana komunikasi baik melalui offline dan online atau biasa disebut digital marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Branding.in selaku agensi digital kreatif di Samarinda untuk meningkatkan jumlah klien dan menjalankan digital marketingnya dalam upaya membangun branding atau mempromosikan produk/merek milik klien, serta mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat pada Branding.in selama melakukan komunikasi pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, obervasi, dan dokumentasi, serta teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan informan berjumlah 3 orang. Adapun teknik analisis data penelitian ini mengunakan teknik analisis oleh Miles dan Huberman, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Branding.in menggunakan elemen-elemen Integrated Marketing Communication (IMC) yang meliputi advertising (periklanan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan personal), interactive marketing (pemasaran interaktif), dan public relation (hubungan masyarakat). Kelima elemen tersebut memang dijalankan namun perlu lebih dimaksimalkan lagi ke depannya. Lalu, Branding.in juga menerapkan poin-poin dari Bauran Pemasaran Jasa 7P yang terdiri dari product (produk), place (tempat), promotion (promosi), price (harga), people (orang), physical evidence (bukti fisik), dan process (proses) sebagai strategi komunikasi pemasarannya. Kemudian, dalam menjalankan komunikasi pemasaran, Branding.in memiliki faktor pendukung yang terdiri dari brand (merek) dan product quality (kualitas produk), serta faktor penghambat dari sisi sumber daya manusia (SDM).
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Zaini, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: Oktober 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/1359/685
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal