Efektivitas Kerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda (Devi Arianty)

October 30, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Oct 30, 2023 @ 8:48 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Kerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Devi Arianty
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas Kerja, Peningkatan Pelayanan KB
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Kerja PLKB Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini yaitu: Sumber Daya Manusia, dan Infrastruktur (Input), Jumlah masyarakat yang sudah mendapatkan sosialisasi (Output), Peningkatan target (Outcome) dan Faktor penghambat Efektfivitas Kerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana. Key Informannya yaitu Kepala Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga Bina Lini Lapangan dan Informan lainnya yaitu Kepala Sub Bidang Data dan informasi, PLKB, Masyarakat yang menjadi peserta KB. Analisis data yang digunakan adalah model deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kerja Petugas Lapangan Keluarga Berencana dalam pelaksanaan program KB dalam peningkatan kepada masyarakat dari segi Kemapuan SDM belum cukup baik, infrastruktur belum cukup memadai, sosialisasi kepada masyarakat belum maksimal dijalankan, karena faktor penghambat, anggaran,kurangnya partisipasi anak muda dalam mengikuti pelaksanaan program KB, masih kurangnya pemahaman masyarakat terhadap program KB, sehingga mengakibatkan terhambatnya pencapaian target Program KB di Kelurahan Gunung Lingai Kota Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani S.Sos., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/10/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email