Kualitas Pelayanan Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda (Alya Rosalin)

October 30, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Oct 30, 2023 @ 8:43 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alya Rosalin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan Aplikasi, E-Govqual, Lahan Makam
  • 4. Description [Abstrak] : Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) adalah aplikasi sistem informasi lahan makam berbasis database secara dalam jaringan yang disiapkan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berfokus untuk menganalisis kualitas pelayanan aplikasi Silamak pada Disperkim Kota Samarinda yang dinilai melalui dimensi kemudahan pengguna, dimensi konten dan tampilan informasi, dan dimensi kualitas pelayanan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kualitas pelayanan aplikasi Silamak pada Disperkim Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas pelayanan aplikasi Silamak pada Disperkim Kota Samarinda tidak optimal berdasarkan tiga dimensi kualitas pelayanan. Dimensi kemudahan pengguna dinilai tidak optimal untuk memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi Silamak karena, ada satu atribut yang tidak optimal kualitasnya untuk menilai dimensi kemudahan pengguna. Dimensi konten dan tampilan informasi terdapat ada empat atribut dinilai tidak optimal kualitasnya. Dimensi kualitas layanan tidak dapat dinilai karena tidak adanya partisipan masyakarat dalam mengisi formulir pengajuan makam. Faktor pendukung kualitas pelayanan aplikasi Silamak, aplikasi yang berbasis website. Faktor penghambat kualitas pelayanan aplikasi Silamak, tidak adanya partispasi masyarakat, kurangnya sumber daya manusia, dana dan waktu, serta data yang tidak diperbaharui secara berkala.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/10/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email