Efektivitas Layanan E-Samsat Kota Bontang dalam Upaya Peningkatan PAD oleh UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah Bontang (Ainaya Al Fatihah)

October 26, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Oct 26, 2023 @ 9:59 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Efektivitas Layanan E-Samsat Kota Bontang dalam Upaya Peningkatan PAD oleh UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Wilayah Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ainaya Al Fatihah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: E-Samsat, Pajak Kendaraan Bermotor, Pendapatan Asli Daerah.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas e-samsat dalam upaya peningkatan PAD Kota Bontang serta mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat layanan e-samsat Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif danfokus penelitian efektivitas layanan e-samsat serta faktor pendukung dan faktor penghambat layanan e-samsat dalam upaya peningkatan PAD Kota Bontang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya layanan e-samsat dalam peningkatan PAD Kota Bontang berjalan dengan efektif. Hal ini terlihat dari pemahaman masyarakat yang baik yang dibuktikan dari banyaknya pengguna e-samsat, ketepatan sasaran pada layanan, ketepatan waktu yang telah sesuai dengan SOP layanan yang telah ditentukan dan tercapainya tujuan dari e-samsat yakni terciptanya kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan bermotor yang diiringi dengan peningkatan PAD Kota Bontang. Faktor pendukung layanan e-samsat ialah sarana dan prasarana yang memadai, SDM yang kompeten, sosialisasi secara rutin, dan banyaknya kerja sama antar berbagai pihak dalam proses layanan. Sedangkan faktor penghambat layanan e- samsat ialah gangguan jaringan serta layanan yang belum sepenuhnya dilaksanakan secara online. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan e-samsat Kota Bontang dalam upaya peningkatan PAD Kota Bontang berjalan secara efektif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26/10/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email