Analisis Transformasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada Masa Pandemi Covid-19 (Satiyah)
October 19, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: Oct 19, 2023 @ 9:15 AM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Analisis Transformasi Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada Masa Pandemi Covid-19
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Satiyah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Transformasi Pelayanan, Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur pada masa pandemi covid-19 dan mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis menurut Jhon W Creswell. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses transformasi pelayanan publik pada Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur pada masa pandemi covid-19 melalui beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu tahap persiapan. Tahap persiapan sudah berjalan dengan baik karena website yang ada tersebut mudah diakses dan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tahap kedua yaitu tahap interaksi. Pada tahap interaksi ini sudah sesuai dengan semestinya karena instansi telah menyediakan fasilitas interaksi dengan masyarakat dengan menggunakan media sosial. Tahap ketiga yaitu tahap transaksi. Pada tahap ini sudah berjalan dengan baik karena tersedia aplikasi SIAP KAWAL yang digunakan dalam pelayanan secara online namun apabila jaringan lemah membuat pelaksanaannya terhambat dan menjadi kurang optimal. Tahap keempat yaitu tahap tranformasi. Pada tahap ini sudah sesuai karena telah menjalin kerjasama dengan instansi lain yaitu Pengadilan Agama Kabupaten Kutai Timur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah transformasi pelayanan publik pada Disdukcapil Kabupaten Kutai Timur sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan namun karena kondisi jaringan yang lemah dan penyampaian informasi yang kurang jelas menyebabkan proses transformasi tersebut tidak optimal.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Thalita Rifda Khaerani, S.A.P., M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19/10/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4776
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article