Analisis Perbandingan Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kepuasan Konsumen Pengguna Kosmetik Wardah dan Maybelline (Frisma Putri Tanama Aini )
October 4, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Oct 4, 2023 @ 2:16 PM
IP: 36.85.5.204
- 1. Title [Judul]: Analisis Perbandingan Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kepuasan Konsumen Pengguna Kosmetik Wardah dan Maybelline
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Frisma Putri Tanama Aini
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen
- 4. Description [Abstrak] : Di era globalisasi ini perkembangan bisnis kian pesat, dilihat dari penawaran produk dan jasa yang
semakin variatif. Salah satu produk yang semakin berkembang ialah kosmetik, saat ini perusahaan
kosmetik berlomba-lomba untuk mengenalkan produknya. Banyaknya jumlah pasar kosmetik di
Indonesia yaitu 267 juta jiwa, dengan demografi populasi wanita mencapai 130 juta jiwa dan sekitar
68% merupakan wanita usia produktif. Dari banyaknya produk kosmetik yang dikenal dua diantaranya
adalah kosmetik Wardah dan kosmetik Maybelline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan persepsi kualitas produk, persepsi harga, dan kepuasan konsumen pada pengguna
kosmetik Wardah dan kosmetik Maybelline. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan metode komparatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden
dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan
persepsi kualitas produk yang signifikan pada pengguna kosmetik Wardah dan Maybelline. Selain itu,
tidak terdapat perbedaan persepsi harga yang signifikan pada pengguna kosmetik Wardah dan
Maybelline. Untuk kepuasan konsumen diketahui bahwa terdapat perbedaan kepuasan konsumen
yang signifikan pada pengguna kosmetik Wardah dan Maybelline. Sedangkan untuk besaran skor
perbedaan persepsi kualitas produk Wardah 32,30 dan Maybelline 34,40. Besaran skor persepsi harga
Wardah 24,16 dan Maybelline 24,3. Dan besaran skor kepuasan konsumen Wardah 22,04 dan
Maybelline 24,44. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ana Noor Andriana, S.AB., M.AB
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/index
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: –