Analisis Evaluasi Kelayakan Finansial Pada Saga Fitness Di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartangera (Herawati)

September 30, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Wati, Hera
On: Sep 30, 2023 @ 12:20 PM
IP: 36.85.5.212

  • 1. Title [Judul]: Analisis Evaluasi Kelayakan Finansial Pada Saga Fitness Di Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartangera
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Herawati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Break Even Poin; Finansial; Kelayakan; Net Present Value; Payback Period
  • 4. Description [Abstrak] : Operasi dan ekspansi yang efisien membutuhkan penilaian iklim bisnis yang konstan. Kesehatan fiskal perusahaan adalah ukuran penting dari keberhasilannya. Faktor keuangan biasanya hanya salah satu dari sekian banyak faktor yang diperhitungkan dalam evaluasi. Studi ini mengkaji situasi keuangan Saga Fitness di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Katanigara, dari tahun 2020-2025. Studi ini dilakukan untuk mengevaluasi kelangsungan hidup jangka panjang Saga Fitness antara tahun 2020 dan 2025. Dengan mewawancarai pemilik perusahaan, Endah Tri Wahyuni, pendekatan kuantitatif deskriptif dapat dilakukan. Titik impas, periode pengembalian modal, dan nilai sekarang bersih adalah komponen dari analisis kelayakan finansial. Analisis titik impas menunjukkan bahwa setelah hanya lima tahun beroperasi, Saga Fitness menghasilkan keuntungan dari penjualan produknya. Profitabilitas ditunjukkan dengan rasio kotor 90% dan margin kontribusi Rp 1.194.443.600. Dengan total pendapatan sebesar Rp 2.438.884.096 sejauh ini di tahun 2018, Saga Fitness memiliki lebih dari cukup uang untuk menutupi semua biaya operasionalnya. Profitabilitas awal Saga Fitness sangat menggembirakan untuk kesuksesan dan pertumbuhan perusahaan di masa depan. Perhitungan ROI menunjukkan bahwa Saga Fitness membutuhkan waktu 3,0 tahun, atau 3,6 bulan, untuk mengembalikan investasi awal mereka. Temuan ini memvalidasi kelayakan finansial Saga Fitness karena nilai pengembaliannya sesuai dengan umur ekonomis komersial bersih dari investasi tersebut. NPV dari keuntungan selama lima tahun terakhir adalah sebesar Rp 1.138.996.843. Temuan ini menunjukkan kepraktisan dan penerimaan pendekatan ini; oleh karena itu, pendekatan ini dapat digunakan untuk sisa investigasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Rr. Marliana W.,SE.,MM & Dr. M. Zaini, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 8 september 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email