Upaya Pemerintah Desa dalam Pengadaan Air Bersih di Desa Linggang Muara Mujan Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat (Ita Ariani)

September 22, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Ariani, Ita
On: Sep 22, 2023 @ 3:46 PM
IP: 182.3.140.227

  • 1. Title [Judul]: Upaya Pemerintah Desa dalam Pengadaan Air Bersih di Desa Linggang Muara Mujan Kecamatan Tering Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ita Ariani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: upaya pemerintah, air bersih, Desa Muara Mujan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya pemerintah desa dalam mengupayakan air bersih untuk masyarakat di Desa Linggang Muara Mujan, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat yang diketahui mengalami krisis air bersi akibat adanya aktivitas penambangan batubara yang dilakukan di hulu sungai Mujan yang menjadi sumber utama air bersih untuk masyarakat dan berubahnya alih fungsi lahan yang ada disekitar Desa Linggang Muara Mujan. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan teknik purposive sampling lalu dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan agar penyampaian informasi didalamnya lebih mendetail dan mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pemerintah Desa telah berhasil menemukan solusi dalam mengupayakan air bersih di Desa Linggang Muara Mujan, Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat dengan mengelola sumber air dari Gunung Labu yang memiliki potensi dalam menyalurkan air bersih menuju desa Muara Mujan sebagai penyedia air bersih bagi masyarakat di di Desa tersebut. Namun, hingga saat ini pengaliran air bersih ini masih belum merata dan masih terdapat sekitar 200 rumah yang belum dialiri oleh air bersih karena terkendala anggaran yang terbatas sehingga Pemerintah Desa sampai saat ini masih terus berupaya agar masyarakat yang belum mendapatkan air bersih tersebut bisa menerima haknya paling lambat akhir tahun 2023.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Jumansyah S.IP,. M.I.Pol
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email