Peran United Nations Children’s Fund (UNICEF) Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Papua Tahun 2020-2021 (Winda Indriani)

September 15, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Indriani, Winda
On: Sep 15, 2023 @ 2:27 PM
IP: 182.3.139.230

  • 1. Title [Judul]: Peran United Nations Children’s Fund (UNICEF) Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Papua Tahun 2020-2021
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Winda Indriani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pendidikan, Papua, UNICEF
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran organisasi internasional United Nations Children’s Fund (UNICEF ) dalam peningkatan kualitas pendidikan di Papua Tahun 2020-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif menganalisis dengan data primer maupun data skunder yang dikumpulkan melalui literature review seperti buku, jurnal, dokumen maupun internet. Penelitian ini menggunakan teori peran organisasi internasional dari Clive Archer dan konsep kualitas pendidikan dari Edward Sallis untuk menjelaskan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi pendidikan di Papua merupakan sebuah permasalahan yang kompleks, dimana berhubungan dengan berbagai faktor yang membuat pendidikan sangat tertinggal. Mulai dari tingkat kemiskinan yang tinggi, penerapan kurikulum yang tidak merata, jumlah tenaga pengajar sangat minim, keterbatasan sekolah, sosial budaya yang beraneka ragam, tingkat buta huruf relatif tinggi, kurangnya angka partisipasi penduduk yang sedang bersekolah dan meningkatnya angka putus sekolah, keadaan ini membuat rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah, namun masih terdapat tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Papua. Sebagai organisasi internasional yang berfokus pada perlindungan dan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia, UNICEF melakukan perannya sebagai aktor organisasi internasional dengan menjalankan Program rural and remote education initiative for Papuan Provinces.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Frentika Wahyu Retnowatik, S.IP., MA.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email