Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda (Herlinda Arpani)
September 11, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: Sep 11, 2023 @ 3:09 PM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Herlinda Arpani
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan dan pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda. Jenis penelitian ialah kuantitatif asosiatif. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel kualitas pelayanan publik (bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, kemampuan pengetahuan, kesopanan, krediblitas, keamanan, akses, komunikasi, dan memahami pelanggan/masyarakat). Variabel kepuasan masyarakat (ekspektasi, kinerja, perbandingan, pengalaman, konfirmasi atau diskonfirmasi). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda yang terdiri dari 3.846 KK. Sampel yang didapat dari populasi sebanyak 98 KK. Sampel ditentukan menggunakan teknik sampel acak dan berstrata proporsional (Proporsionate stratified random sampling). Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, uji signifikansi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Terdapat hubungan yang kuat antara Kualitas Pelayanan Publik (X) dan Kepuasan Masyarakat (Y) di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda sebesar 0,7929. Kualitas Pelayanan Publik (X) di Kantor Kelurahan Sungai Kapih Kota Samarinda memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 68,86% terhadap Kepuasan Masyarakat (Y).
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 11/09/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4722
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article