KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENANGANAN KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MTS NURUL ISLAM PALARAN (Dwi Aris Saputra, Rina juwita, Annisa Wahyuni Arsyad)
September 10, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Saputra, Dwi Aris
On: Sep 10, 2023 @ 2:15 AM
IP: 36.85.4.125
- 1. Title [Judul]: KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PENANGANAN KORBAN BULLYING DI SEKOLAH MTS NURUL ISLAM PALARAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Aris Saputra, Rina juwita, Annisa Wahyuni Arsyad
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Guru, Bullying
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam penanganan korban bullying di MTs. Nurul Islam Palaran.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan didukung pendekatan femenologi yang berusaha memberikan gambaran dan menganalisa mengenai komunikasi interpersonal guru dan siswa dalam penanganan korban bullying di sekolah MTs. Nurul Islam Palaran. Data dikumpulkan oleh peneliti melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan judul penelitian ini. Peneliti menggunakan lima unsur efektivitas komunikasi interpersonal yang sesuai dengan fokus penelitian ini, yakni oppeness, emphaty, suportiveness, positiveness, equality.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dijalankan dengan baik akan mampu menjadi konsep dalam penanganan siswa yang menjadi korban bullying. Namun komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam rangka penanganan korban bullying di MTs. Nurul Islam Palaran tidak berjalan secara efektif. Hal tersebut disebabkan oleh dua faktor yaitu guru yang belum bisa mengaplikasikan lima unsur keefektifan yang ada dalam komunikasi interpersonal dan karakteristik psikologi individu dari siswa yang cenderung lebih tertutup dan pemalu. Hubungan serta interaksi oleh guru kepada siswa yang masih kurang membuat terhambatnya substansi pesan yang ingin disampaikan guru kepada siswa. Kemudian komunikasi pendidikan yang dilakukan guru kepada siswa dalam memberi pemahaman tentang pengertian bullying masih minim. Sehingga menambah hambatan yang ada dalam mencapai tujuan komunikasi interpersonal yang dapat digunakan untuk penanganan korban bullying.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita, S.IP., MHRIR., Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4875
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJOURNAL Articel