Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda (Alicia Delania)

August 31, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Aug 31, 2023 @ 4:30 PM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alicia Delania
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi PKH, Kebijakan PKH, Penyaluran Bantuan Sosial
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementsi Program Keluarga Harapan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kota Samarinda dan Tim Pelaksana PKH di Kelurahan Sempaja Utara pada masa COVID-19 serta untuk mengidentifikasi yang menjadi faktor penghambat dalam upaya pemerintah menangani kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan fokus penelitian yaitu, implementasi berdasarkan pedoman Program Keluarga Harapan tentang pelaksanaan mekanisme penyaluran bantuan sosial dan juga yang menjadi faktor penghambat implementasi Program Keluarga Harapan. Kemudian yang menjadi key informan adalah Koordinator Program Keluarga Harapan Kota Samarinda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam implementasi atau pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Sempaja Utara yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana PKH Kota Samarinda dan Dinas Sosial Kota Samarinda dalam hal penyaluran bantuan sosial telah berjalan dan terlaksana dengan baik sesuai dengan pedoman program keluarga harapan yang berlaku dan dalam penyalurannya Tim Pelaksana PKH dan Dinas Sosial tetap memastikan bantuan dapat tersalurkan dengan baik kepada masyarakat walaupun situasi saat itu sedang terjadi wabah COVID-19, namun masih terdapat beberapa penghambat yang tidak sesuai dengan pelaksanaan Program Keluarga Harapan, ini dapat dilihat dalam faktor penghambat yaitu, sumber daya manusia PKH yang terbatas, sumber dana operasional yang terbatas, serta permasalahan perubahan kebijakan dalam data penerima bantuan PKH.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Santi Rande, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31/08/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email