Implementasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SDN 001 Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda (Nanda Fahrida)

August 30, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Aug 30, 2023 @ 8:22 AM
IP: 103.187.88.26

  • 1. Title [Judul]: Implementasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SDN 001 Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Nanda Fahrida
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi Kebijakan PIP, Program Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Pintar, Ba
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SDN 001 Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis Penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian mekanisme pengusulan peserta didik calon penerima bantuan, pemantauan penggunakaan dana Program Indonesia Pintar, dan ketepatan sasaran, serta faktor penghambat dalam Implementasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar di SDN 001 Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Sumber data menggunakan teknik purposive sampling dengan key informan Kepala Seksi Peserta Didik dan Karakter Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda, serta informan yaitu staf Peserta Didik dan Karakter Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda, Kepala SDN 001 Samarinda Utara, serta operator sekolah. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan pada Implementasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di SDN 001 Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda belum berjalan dengan maksimal, dapat dilihat dari faktor penghambat bahwa pelaksanaannya belum berjalan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan Program Indonesia Pintar Nomor 3 Tahun 2021, yang diantaranya adalah kurangnya sosialisasi dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda dan SDN 001 mengenai Program Indonesia Pintar yang mana masih terdapat orangtua peserta didik/peserta didik tidak mengetahui tujuan Program Indonesia Pintar, proses pementauan pemanfaatan dana bantuan yang kurang maksimal, serta kurangnya komunikasi mengenai waktu pencairan dana bantuan yang mengakibatkan pengembalian dana ke pemerintah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si. dan Dr. Santi Rande, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 30/08/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email