Representasi Sensualitas Karakter Heroes Perempuan Dalam Game Online (Studi Pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang) (Ariani Maya Aprilia Tinambunan, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani)

August 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Tinambunan, Ariani
On: Aug 28, 2023 @ 5:01 PM
IP: 182.253.164.188

  • 1. Title [Judul]: Representasi Sensualitas Karakter Heroes Perempuan Dalam Game Online (Studi Pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ariani Maya Aprilia Tinambunan, Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Semiotika, Representasi, Sensualitas, Karakter Hero, Perempuan, Game Online
  • 4. Description [Abstrak] : Representasi Sensualitas Karakter Heroes Perempuan Dalam Game Online (Studi Pada Game Online Mobile Legends: Bang Bang). Bimbingan Ibu Dr. Silviana Purwanti, S.Sos.,M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Kadek Dristiana Dwivayani, S.Sos.,M.Med.Kom selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana representasi sensualitas yang terdapat pada hero perempuan dalam game Mobile Legends: Bang Bang. Fokus penelitian ini adalah berfokus mengupas kelima karakter dengan metode semiotika Charles Sanders Peirce, trikotomi ikon, indeks dan simbol Berdasarkan hasil penelitian, representasi sensualitas ditemukan dari kelima karakter; Eudora, Pharsa, Layla, Karina dan Beatrix. Gaya berpakaian yang digunakan kelima karakter memuat tanda sensualitas yang diwujudkan dalam pakaian yang ketat serta minim hingga membentuk ketelanjangan. Gaya berpakaian mereka dirancang dengan memuat jalan cerita dari tiap latar belakang yang berbeda dalam game dan merepresentasikan nilai sensualitas. Dari pakaian yang dikenakan, terlihat juga bahwa proprosi tubuh keempat hero ditampilkan dengan dada membusung yang bisa dimaknai bahwa sensualitas menjadi komoditi penjualan game ini. Dalam game ini juga penulis menemukan karakter hero MLBB bertolak belakang dengan aturan terbaru dari NAPP, bahwa aturan konten harus tertutup mengedepankan budaya China. Hal ini memperlihatkan bahwa tampilan karakter game dengan sensualitas perempuan merupakan daya tarik kepada pemain game agar tetap bermain dengan rasa senang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Silviana Purwanti, Kadek Dristiana Dwivayani
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email