Kualitas Pelayanan Publik Pasca Work from Home di Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda (Masita Febriani Madjid)
August 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: Aug 28, 2023 @ 8:15 AM
IP: 103.187.88.26
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Publik Pasca Work from Home di Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Masita Febriani Madjid
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Pasca Work From Home
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pasca Work From Home di Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda serta melihat faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi secara nyata. Fokus penelitian ini dengan menganalisis lima indikator dari kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, Mal Pelayanan Publik Kota Samarinda telah menerapkan dimensi berwujud, kehandalan, responsivitas, jaminan dan empati namun di sisi lain ada ditemukan indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat yaitu kendala pada kurangnya jumlah lift dan tidak semua tenant memberikan keterangan tarif biaya yang dibutuhkan. Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pasca Work From Home di MPP Kota Samarinda yaitu terjadi kekeliruan masyarakat dalam memberikan berkas dokumen yang diperlukan, banyak masyarakat yang kurang memahami sistem pelayanan online, terdapat beberapa tenant yang tidak aktif dan terjadinya penumpukan berkas pengurusan tanah akibat dampak dari pandemi Covid-19 dan koneksi jaringan internet yang kadang tidak stabil ketika cuaca buruk. Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pasca Work From Home di MPP Kota Samarinda yaitu sarana prasarana yang memadai, adanya dasar hukum yang jelas, kemampuan dan kesiapan pegawai yang baik.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dini Zulfiani, S. Sos., M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28/08/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4713
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article