Strategi Pengusaha Umkm Pabrik Tahu Sadino Di Kampung Tahu Dan Tempe Kelurahan Selili Dalam Upaya Mempertahankan Pekerja (Studi Kasus Di Pabrik Tahu Sadino Di Rt.10 Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir) (Engelika Agatha Putri)

June 8, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Putri, Engelika Agatha
On: Jun 8, 2023 @ 7:32 PM
IP: 36.85.33.38

  • 1. Title [Judul]: Strategi Pengusaha Umkm Pabrik Tahu Sadino Di Kampung Tahu Dan Tempe Kelurahan Selili Dalam Upaya Mempertahankan Pekerja (Studi Kasus Di Pabrik Tahu Sadino Di Rt.10 Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Engelika Agatha Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, UMKM, Motivasi, Buruh
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan Pak Sadino sebagai salah satu pelaku UMKM dalam upaya mempertahankan buruh yang bekerja di pabrik tahu miliknya, ditengah banyak nya risiko yang mereka hadapi dalam melakukan pekerjaan tersebut. Fokus penelitian ini menggunakan Teori Strategi dan Motivasi yang terdiri dari Motivasi Internal dan Motivasi Eksternal yang dimanfaatkan oleh Pak Sadino dalam upaya implementasi strategi yang digunakan untuk mempertahankan pekerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data reduksi dan display data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pak Sadino memanfaatkan Motivasi Internal maupun Eksternal dalam upaya nya mempertahankan buruh yaitu terdapat faktor ekonomi,kesempatan kerja, serta kemudahan yang diberikan oleh Pak Sadino selaku pemilik pabrik, ada 6 strategi yang dilakukan oleh Pak Sadino yang membuat para buruh betah bekerja dengan Pak Sadino walaupun dihadapkan dengan risiko kecelakaan kerja yang tinggi. Antara lain adalah pembagian tugas yang adil, memberikan kepercayaan, fasilitasi yang memadai, memberikan tunjangan hari raya, memberikan pinjaman uang, dan menyiapkan obat-obatan dan bantuan medis yang diperlukan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sukapti, M.Hum dan Adi Rahman, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email