Respon Masyarakat Kecamatan Nunukan Terhadap Kebijakan Penggunaan Kertas Hvs 80 Gram Sebagai Dokumen yang Sah Oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan (Siti Rafidah)

June 7, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Jun 7, 2023 @ 8:37 AM
IP: 125.160.112.49

  • 1. Title [Judul]: Respon Masyarakat Kecamatan Nunukan Terhadap Kebijakan Penggunaan Kertas Hvs 80 Gram Sebagai Dokumen yang Sah Oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Rafidah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Respon Masyarakat, Dokumen Kependudukan
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon masyarakat Kecamatan Nunukan terhadap kebijakan penggunaan kertas HVS 80 gram sebagai dokumen kependudukan yang sah. Respon masyarakat dijelaskan melalui indikator kemudahan akses, kesederhanaan, kelengkapan sarana dan prasarana, kualitas hasil pelayanan, kepastian dan keamanan (legalitas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan 44 responden merupakan masyarakat yang sudah pernah melakukan kepengurusan Kartu keluarga dan Akta kelahiran.Teknik Pengumpulan data berupa observasi lapangan dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah editing, coding, tabulasi, dan analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon masyarakat terhadap Kebijakan Penggunaan Kertas HVS 80 Gram pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nunukan berkategori baik dengan persentase 72,62%. Respon jawaban dengan persentase tertinggi adalah kepastian dan keamanan legalitas yaitu pada penggunaan kertas hvs 80 gr sebagai dokumen yang sah pada dinas kependudukan dan catatan sipil mempercepat penyampaian hasil pelayanan 84,55%, dan persentase terendah adalah kemudahan akses pada pernyataan kebijakan penggunaan kertas hvs sebagai solusi bagi masyarakat yang jauh dari kantor pelayanan dengan persentase 55%. Dalam proses pelayanan masalah yang belum ditangani adalah jaringan yang tidak stabil dan sering terganggu sehingga menghambat proses pelayanan, serta sarana Anjungan Dukcapil Mandiri yang belum memadai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Cathas Teguh Prakoso,M.Si. dan Dini Zulfiani, M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 07/06/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJouirnal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email