Implementasi Program Belajar Dari Rumah Di SDN 003 Sungai Kunjang Kota Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19 (Muhammad Yusuf Masagena)
May 8, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Publik, Administrasi
On: May 8, 2023 @ 10:59 AM
IP: 103.187.88.25
- 1. Title [Judul]: Implementasi Program Belajar Dari Rumah Di SDN 003 Sungai Kunjang Kota Samarinda Pada Masa Pandemi Covid-19
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Yusuf Masagena
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pembelajaran Daring, Belajar Dari Rumah, Covid-19
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Program Belajar Dari Rumah serta kendala yang dihadapi dalam proses berjalannya kebijakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun fokus dari penelitian ini adalah 1. Implementasi program Belajar Dari Rumah yang tertuang pada Instruksi Walikota Samarinda Nomor 423/0422/100.01 antara lain: a. Ujian Nasional ditiadakan. b. Proses belajar dilakukan dirumah. c. Kenaikan kelas dilakukan dengan menggunakan nilai sebelumnya dari prestasi akademik. 2. Kendala-kendala dalam implementasi program Belajar Dari Rumah. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan beberapa informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Orangtua siswa dan siswa itu sendiri. Selanjutnya analasis data memakai Analisis Data Kualitatif dari Miles and Hubberman yaitu Model Interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa implementasi program Belajar Dari Rumah di SDN 003 Sungai Kunjang sudah berjalan sesuai dengan isi Instruksi Walikota Samarinda Nomor 423/0422/100.01 yaitu peniadaan Ujian Nasional, proses belajar dilakukan dari rumah, dan kenaikan kelas menggunakan nilai dari prestasi akademik. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam proses implementasi program Belajar Dari Rumah di SDN 003 Sungai Kunjang yaitu, permasalahan koneksi internet yang tidak stabil oleh siswa yang tempat tinggalnya jauh dari perkotaan, siswa mengalami kebosanan dikarekanakan guru terlalu monoton memberikan materi pembelajaran sehingga menyebabkan siswa tidak mengikuti pembelajaran, lingkungan tempat tinggal siswa lebih dominan anak anak yang sering bermain dan kurangnya motivasi dari orang tua untuk memberikan semangat belajar kepada anak-anaknya.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Heryono Susilo Utomo, M.Si.
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08/05/2023
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4663
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article