STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN MANGROVE CENTER COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KEGIATAN EKOWISATA DI KAMPUNG TEMBUDAN KABUPATEN BERAU (DWI NAOMI CERIAWATI)

April 17, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 17, 2023 @ 9:41 PM
IP: 103.147.118.150

  • 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN MANGROVE CENTER COMMUNITY DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KEGIATAN EKOWISATA DI KAMPUNG TEMBUDAN KABUPATEN BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: DWI NAOMI CERIAWATI
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Komunikasi Lingkungan, Partisipasi Masyarakat, Ekowisata
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi lingkungan Mangrove Center Community dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan ekowisata dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat yang dihadapi oleh Mangrove Center Community. Penelitian ini dilakukan di Kampung Tembudan, pada masyarakat yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam kegiatan ekowisata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini langkah-langkah strategi komunikasi lingkungan yang terdiri dari tahap penilaian, tahap perencanaan, tahap produksi pesan serta tahap aksi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komponen analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi lingkungan Mangrove Center Community dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan pada kegiatan ekowisata di Kampung Tembudan melalui 4 tahap. Tahap penilaian yang terdiri dari analisis situasi dan identifikasi masalah, analisis pihak atau pelaku yang terlibat dan komunikasi objektif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan mempengaruhi perilaku. Tahap perencanaan yang terdiri dari pengembangan strategi komunikasi, memotivasi, dan memobilisasi masyarakat serta pemilihan media. Tahap produksi pesan yang terdiri dari desain pesan yang akan disampaikan dan produksi media disertai pretest. Tahap aksi dan refleksi yang terdiri dari penyebaran melalui media dan implementasinya, proses dokumentasi, monitoring dan evaluasi
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Erwiantono, S.Pi., M.Si, Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading