Kepatuhan Ibu Rumah Tangga di Muara Rapak Kecamatan Balikpapan Utara dalam Merespon Kebijakan Penanganan Covid-19 (Protokol Kesehatan) (Sealy Suryaningtyas)

April 17, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Suryaningtyas, Sealy
On: Apr 17, 2023 @ 2:22 PM
IP: 36.85.0.155

  • 1. Title [Judul]: Kepatuhan Ibu Rumah Tangga di Muara Rapak Kecamatan Balikpapan Utara dalam Merespon Kebijakan Penanganan Covid-19 (Protokol Kesehatan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sealy Suryaningtyas
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kepatuhan, Respon, Kebijakan, Covid-19
  • 4. Description [Abstrak] : Munculnya virus corona pada akhir Desember 2019 membuat pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menekan angka kasus covid-19. Salah satu kebijakannya adalah protokol kesehatan, dimana masyarakat diminta untuk mengurangi mobilitas, mengurangi interaksi, membatasi jarak, dan lain sebagainya. Tetapi di tempat-tempat umum di Muara Rapak, seperti di pasar Rapak, pedagang maupun pembelinya yang sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga, masih minim yang mematuhi kebijakan protokol kesehatan. Maka dalam penelitian ini akan melihat dan mendeskripsikan pengetahuan yang diterima ibu rumah tangga tentang covid-19 dan kebijakan protokol kesehatan, mendeskripsikan pola interaksi, sikap, tindakan yang mendorong ibu rumah tangga untuk mematuhi kebijakan protokol kesehatan, serta mendeskripsikan tanggapan ibu rumah tangga tentang ketidakpatuhan warga lain akan kebijakan protokol kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya yakni, observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu rumah tangga memiliki pengetahuan yang cukup baik tentang covid-19 dengan memahami bahwa covid-19 adalah penyakit berbahaya, menular, sehingga harus dihadapi dengan hati-hati dan waspada. Kepatuhan ibu rumah tangga juga dipengaruhi oleh interaksi yang minim dengan alasan takut terpapar, sikap menghadapi covid-19 dengan menerapkan hidup bersih dan sehat, serta tindakan melakukan penyemprotan disinfektan, penyediaan tempat cuci tangan, dan lain sebagainya. Ibu-ibu juga menyayangkan perilaku warga yang masih tidak patuh akan protokol kesehatan, hal tersebut dapat merugikan mereka yang sudah berusaha patuh dan juga khawatir akan terpapar sebab imun setiap orang berbeda-beda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi., M.Si , Drs. Martinus Nanang., MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 17 April 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email