Penerapan E-Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda (Rahmat Hidayat Iskandar)

April 12, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Apr 12, 2023 @ 9:04 AM
IP: 103.187.88.25

  • 1. Title [Judul]: Penerapan E-Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rahmat Hidayat Iskandar
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: SPBE, E-Government, E-Kelurahan
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Penerapan E- Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda, serta untuk mengidentifikasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu support, capacity, dan value serta faktor penghambat dalam Penerapan E-Kelurahan Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Bantuas Kecamatan Palaran Kota Samarinda. Dalam penelitian yang menjadi key informan ialah Kepala Seksi Tata Kelola e-government dan Pengembangan Sumber Daya TIK Bidang 4 Diskominfo Kota Samarinda, 7 informan lainnya ialah Lurah di Kelurahan Bantuas, operator di Kelurahan Bantuas, dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan e-kelurahan dalam pelayanan publik di kelurahan bantuas kecamatan palaran kota samarinda merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengoptimalkan pelayanan publik berbasis elektronik. Penerapan e-kelurahan ini dapat memberikan manfaat baik itu dari masyarakat sebagai penerima layanan maupun pemerintah sebagai pemberi layanan, tujuan dari diterapkannya e-kelurahan ini yaitu untuk mempermudah pegawai dalam menjalankan tugasnya, menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Namun, masih adanya kekurangan dalam proses penerapan e-kelurahan mulai dari kebijakan, kesiapan infrastruktur yang kurang mendukung, kurangnya pemahaman dan pelatihan yang diberikan, minimnya ketersediaan anggaran serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Sehingga, menghambat proses pelayanan publik kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Enos Paselle, M.AP. dan Thalita Rifda Khaerani, S.AP., M.Si.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 12/04/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading