Dampak Pembukaan Tambang Batubara PT. Gunung Bara Utama Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kampung Lumpat Dahuq, Kabupaten Kutai Barat (Resma Yuvita Sari)

April 10, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: sari, Resma yuvita
On: Apr 10, 2023 @ 1:35 PM
IP: 182.3.141.70

  • 1. Title [Judul]: Dampak Pembukaan Tambang Batubara PT. Gunung Bara Utama Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kampung Lumpat Dahuq, Kabupaten Kutai Barat
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Resma Yuvita Sari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: dampak, lingkungan, tambang, dan csr
  • 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apa saja Dampak Sosial Ekonomi yang dirasakan masyarakat melalui adanya usaha Pertambangan di Kampung Lumpat Dahuq Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat.
    Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan dekskripsi pada masing masing variable yang di teliti. Analisi data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
    Hasil Penelitian penulis mendapatkan informasi yang di dapatkan pembukaan lahan dpertambangan ini di Kampung Lumpat Dahuq sangat membantu masyarakat dimana adanya dampak sosial ekonomi yang terjadi di masyarakat. Dampak sosial ekonomi yang di rasakan dari pertambangan batubara terhadap kehidupan masyarakat kampung dimana masyarakat mengalami perubahan pola pikir, kebudayaan yang semakin baik dan terjadinya kesenjangan sosial antara masyarakat yang berkerja dengan masyarakat yang tidak berkerja, perekonomian masyarakat pun mulai meningkat di karenakan yang tidak berkerja lalu dengan mudah berkerja di perusahan tersebut, dan masyarakat kampung pun mendapatkan bantuan CSR dari pihak perusahaan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Muhammad Ariffin, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email