Strategi Bersaing UMKM Toko Roti dan Kue di Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang Selama Pandemi Covid-19 dan Pasca Pandemi Covid-19 (Muhammad Fachrun Fachrezi)

April 3, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 3, 2023 @ 3:52 PM
IP: 182.3.136.101

  • 1. Title [Judul]: Strategi Bersaing UMKM Toko Roti dan Kue di Kecamatan Bontang Utara Kota Bontang Selama Pandemi Covid-19 dan Pasca Pandemi Covid-19
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Fachrun Fachrezi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Bersaing, Pandemi Covid-19, SWOT, UMKM, Toko Roti dan Kue
  • 4. Description [Abstrak] : Toko Ria Rasa Cake & Bake, Toko Nanis Cake & Bakery, dan Samabread merupakan salah satu UMKM lokal yang berada di Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menentukan strategi bersaing yang tepat untuk ketiga UMKM tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian yaitu informan kunci dan informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (IFAS, EFAS, Diagram Analisis SWOT, dan Matrik SWOT). Hasil dan Kesimpulan dari penelitian ini adalah target yang ingin dicapai yaitu pembukaan cabang atau toko di tempat lain supaya dapat memperluas pasar. Produk yang di jual sangat bervariasi mulai dari manis hingga asin, serta ada roti yang terbuat dari bahan alami tanpa bahan pangan kimia, harga dari tiap roti juga bervariasi yang bisa mencakup berbagai kalangan ekonomi. Ketiga UMKM tidak keberatan dengan keberadaan para pesaing dengan nama brand yang besar asalkan brand-brand tersebut dapat bersaing dengan sehat. Strategi bertahan saat pandemi covid-19 dari hampir sama seperti dengan memaksimalkan penjualan secara online di media sosial, melakukan packaging yang aman dengan menyemprotkan disinfektan, serta pengiriman menggunakan kurir sendiri atau kurir dari luar. Strategi yang dihasilkan dari pemetaan matriks SWOT untuk ketiga UMKM adalah strategi SO.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Ana Noor Andriana, S. AB., M. AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Februari 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJoournal article

Loading