Analisis Kebijakan Program Peta Rawan Bencana Didalam Mendukung Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bontang (Ayu Khaerunnisa)

March 28, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Khaerunnisa, Ayu
On: Mar 28, 2023 @ 11:38 AM
IP: 182.3.134.173

  • 1. Title [Judul]: Analisis Kebijakan Program Peta Rawan Bencana Didalam Mendukung Mitigasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bontang
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ayu Khaerunnisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: bencana, mitigasi, peta rawan bencana
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme kerja BPBD Kota Bontang dalam mengumpulkan data lokasi rawan bencana, mengolah data lokasi rawan bencana dan menyajikan Peta Rawan Bencana dalam mitigasi bencana di Kota Bontang serta dampak Peta Rawan bencana RT terhadap bencana di Kota Bontang.
    Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai mekanisme kerja BPBD Kota Bontang dalam upaya mitigasi bencana di Kota Bontang. Analisis data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peta Rawan Bencana telah berupaya di dalam memaksimalkan peran unsur penting Pemerintahan didalam upaya kevalid-tan data; melaksanakan pengsinkronasian data; melakukan upaya uji kevalid-tan data dengan cara melaksanakan uji publik; Peta Rawan Bencana menjadi bagian dari petunjuk masyarakat Kota Bontang didalam memulai tata kelola pembagunan yang terstruktur, mengurangi potensi terjadinya bencana, berupaya mengurangi korban jiwa serta mengurangi kerugian sarana dan prasarana karena Peta Rawa Bencana RT dilengkapi dengan dokumentasi yang yang berfungsi menjelaskan kerawanan yang terjadi. Peta Rawan Bencana menghasilkan fungsi penguatan kapasitas bagi masyarakat seperti pelaksanaan pelatihan simulasi kebencanaan. Penurunan data banjir kiriman menunjukkan sebuah keberhasilan dari dampak solusi yang ditawarkan dan dilaksanakan oleh Peta Rawan Bencana kepada DLH yang menangani pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Budiman, S.IP., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email