Persepsi Masyarakat Adat Tentang Pelestarian Budaya Setelah Pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat (Studi Kasus : Masyarakat Adat Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Darat Kabupaten Kutai Kartanegara) (Fakhri Nur Rahman)

March 24, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Rahman, Fakhri Nur
On: Mar 24, 2023 @ 2:03 PM
IP: 182.3.139.246

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Masyarakat Adat Tentang Pelestarian Budaya Setelah Pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat (Studi Kasus : Masyarakat Adat Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Darat Kabupaten Kutai Kartanegara)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Fakhri Nur Rahman
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: persepsi, masyarakat adat, pelestarian budaya
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pelestarian budaya adat setelah pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat dan strategi apa yang dilakukan masyarakat Desa Kedang Ipil tentang pelestarian budaya tersebut. Penelitian ini yakni penelitian dengan model pendekatan kualitatif dalam penelitian ini yaitu suatu metode penelitian deskriptif, yang mengarahkan penelitian kepada tujuan untuk memaparkan dan menggambarkan tentang Persepsi Masyarakat Adat Tentang Pelestarian Budaya Setelah Pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa dari Persepsi Masyarakat Adat disimpulkan terdapat kekhawatiran Masyarakat Adat tentang pelestarian budaya yang diharapkan agar terus-menerus dilestarikan atau dilaksanakannya budaya yang melekat di Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Darat yakni dengan beberapa indikator berupa: a. Efek modernisasi yang menyebabkan berkurangnya minat dari generasi penerus yang diharapkan bisa melanjutkan budaya yang ada di Desa Kedang Ipil; b. Anak-anak dan remaja diyakini menjadi generasi selanjutnya dapat melanjutkan budaya dari Kutai Adat Lawas yang ada di Desa Kedang Ipil sehingga kebudayaan yang ada tidak teriris seiring modernisasi yang ada. Selain daripada itu, Masyarakat Adat serta Pemerintah Desa ingin melaksanakan suatu strategi dalam pelestariannya yakni: a. Pembangunan jati diri; b. Pemahaman budaya Kutai Adat Lawas; c. Penerbitan Peraturan Daerah; d. Pemanfaatan Teknologi Informasi.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email