PENDEKATAN KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN DI KOPI JANJI JIWA JILID 45 SAMARINDA (Sesilia Eva Taruli Situmorang, Rina Juwita)

March 20, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 20, 2023 @ 3:45 PM
IP: 36.85.37.4

  • 1. Title [Judul]: PENDEKATAN KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KINERJA KARYAWAN DI KOPI JANJI JIWA JILID 45 SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sesilia Eva Taruli Situmorang, Rina Juwita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan, Kopi Janji Jiwa Jilid 45
  • 4. Description [Abstrak] : Efektivitas komunikasi antara karyawan dengan manajer perusahaan dan karyawan juga mempengaruhi pelaksanaan keterlibatan komunikasi organisasi di perusahaan. Kopi Janji Jiwa Jilid 45 memiliki beberapa permasalahan dalam manajemen komunikasi organisasi. Hambatan yang dihadapi perusahaan berkaitan dengan komunikasi organisasi yang berhubungan dengan menurunnya kinerja karyawannya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini Irfan Fadilah selaku Manajer dari Kopi Janji Jiwa Jilid 45 Samarinda, karyawan dan pelanggan untuk mengetahui lebih mendalam tentang aktivitas perusahaan dalam pendekatan komunikasi organisasi pada kinerja karyawan. Peneliti menggunakan teori Douglas Mcgregor dimana teori ini memiliki dua pandangan manusia dalam bekerja dan berorganisasi. Teori X dicirikan sebagai perilaku yang negatif dan teori Y dicirikan sebagai perilaku positif. Berdasarkan hasil penelitian beberapa karyawan berperilaku Teori X dan ada karyawan berperilaku Y menurut teori Douglas McGregor. Manajer Kopi Janji Jiwa Jilid 45 Samarida cenderung kearah teori Y dengan gaya kepemimpinan demokratis. Dalam pendekatan komunikasi organisasi di Kopi Janji Jiwa Jilid 45 Samarinda terdapat dua jenis komunikasi yang digunakan formal dan informal. Metode komunikasi organisasi yang dilaksanakan yaitu metode persuasive dan metode informatif.Dalam proses ini, media komunikasi yang efektif digunakan adalah media lisan, dan diselingi dengan komunikasi tertulis, dan elektronik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rina Juwita, S.IP.,MHRIR
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 20 Maret 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email