Pengelolaan Sistem Informasi dan Tanggapan Aduan Publik Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Balikpapan (Rayyan Ramadhan)

March 15, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Mar 15, 2023 @ 5:26 PM
IP: 103.187.88.25

  • 1. Title [Judul]: Pengelolaan Sistem Informasi dan Tanggapan Aduan Publik Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Balikpapan
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rayyan Ramadhan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan Sistem Informasi, Sistem Pengaduan, Aduan Publik
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sisitem informasi pengaduan yang dijalankan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambat. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus peneltian ini berdasarkan pengelolaan sistem informasi yang terdiri dari masukan (input), proses, dan keluaran atau hasil (output) serta faktor-faktor yang menghambat dalam pengelolaan sistem informasi dan tanggapan aduan publik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan sistem informasi dan tanggapan aduan publik dijalankan dengan baik namun beberapa kekurangan masih terjadi. Dalam masukan (input) kurangnya sumberdaya manusia yang paham dalam pengelolaan sistem khususnya perawatan sistem dan kurangnya dana, jumlah admin yang hanya ada dua masih dianggap cukup namun salah satunya harus selalu standby jika terjadi hal-hal yang tidak dapat dikendalikan seperti human error maupun kesalahpahaman komunikasi. Dalam blok proses, cepat tanggap, karena alur yang berbeda-beda, dan harus dibautkan laporan yang berbeda pada penanganan yang sifatnya fisik. Dalam hal keluaran (output) akan diberikan jawaban sementara bahwasannya laporan masuk telah diterima, sehingga diproses untuk diberikan cara-cara penangananya atau akan diarahkan kemana agar dapat ditangani, berbeda laporan masuk yang jenisnya pertanyaan maka akan diberikan jawabanya secepatnya menyesuaikan informasi yang dimiliki oleh sistem maupun ada informasi yang terbaru dalam lingkup kota Balikpapan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Bambang Irawan, M.Si. dan Dr. Enos Paselle, M.AP.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 15/3/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email