PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP BERITA HOAKS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PILIHAN PASANGAN CALON PRESIDEN PADA PEMILU 2019 (studi kasus mahasiswa program studi ilmu pemerintahan) (Wissik Madani)

February 23, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: madani, wissik
On: Feb 23, 2023 @ 4:05 PM
IP: 103.166.213.86

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP BERITA HOAKS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PILIHAN PASANGAN CALON PRESIDEN PADA PEMILU 2019 (studi kasus mahasiswa program studi ilmu pemerintahan)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wissik Madani
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, PEMILU, Berita Hoaks
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini sebagai dasar mengetahui fenomena berita hoaks yang terjadi pada saat pemilihan presiden 2019 ini berimpilikasi terhadap pilihan mahasiswa kepada pasangan calon presiden pada pemilu 2019. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan frekuensi dari persepsi mahasiswa terhadap berita hoaks dan implikasinya pada pilihan pasangan calon presiden menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Burhan Bungin.
    Terdapat 83 responden yaitu mahasiswa ilmu pemerintahan fisip unmul angkatan 2017-2021. 47 mahasiswa tidak terpengaruh terhadap penyebaran berita hoaks dimedia sosial, karena penyebaran berita hoaks dimedia sosial tidak dapat langsung dibuktikan kebenarannya, serta kemudahan mengakses media sosial oleh setiap orang menjadi faktor penyebaran informasi yang sulit dipertanggungjawabkan. 54 mahasiswa menemukan penyebaran berita hoaks terkait pemilihan presiden 2019, surat suara yang telah tercoblos adalah bentuk blackcampaign yang sering ditemui dengan tujuan menjatuhkan lawan dalam pilpres, hal tersebut diketahui sebelum pelaksanaan pemilihan paslon, dan tidak mempengaruhi persepsi politik mahasiswa dalam pilpres 2019.
    Penyebaran berita hoaks berimplikasi pada pilihan mahasiswa terhadap pasangan calon presiden,54 mahasiswa melihat hal tersebut sebagai bentuk pertimbangan dalam menentukan paslon dalam pilprres 2019. Hal tersebut juga berdampak pada tingkat kepercayaan mahasiswa kepada pemerintahan dan KPU sebagai lembaga penyelenggara karena dianggap tidak dapat meminimalisir penyebaran berita hoaks dalam pemilu 2019.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : I Ketut Gunawan, Budiman
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

Loading

Print Friendly, PDF & Email