Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb (Zainuddin)

February 14, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: , zainuddin
On: Feb 14, 2023 @ 12:06 PM
IP: 103.160.150.24

  • 1. Title [Judul]: Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Zainuddin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Publik, Penyediaan Kebutuhan Air Bersih.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Oleh Perumdam Batiwakkal Berau di Kelurahan Sei Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb sudah cukup baik. Bukti fisik sarana prasarana dari fasilitas belum cukup baik, sehingga pelayanan petugas di lapangan menjadi lama dalam mengatasi kebutuhan masyarakat. Keandalan, ketanggapan dan empati pegawai kurang baik, karena yang memberikan pelayanan dilapangan, karena pegawai di Bagian Langganan tidak memiliki kehandalan dalam mengatasi keluhan masyarakat di RT.02. Sekalipun para petugas sudah menyatakan sudah cukup baik, tetapi hasil wawancara dengan masyarakat masih ada tanggapan yang kurang baik, dan empati pegawai yang baik dilakukan hanya pada saat memberikan pelayanan dikantor, tetapi kurang baik dilapangan. Faktor penghambatnya dari pipa diperkotaan belum semua terkoneksi, anggaran tidak tersedia. Pegawai teknisi masih kurang, pegawai masih kurang paham dalam melaksanakan tugas dan ada pegawai yang kurang disiplin. Faktor pendukungnya dari adanya koordinasi antara Pemkab Berau dengan PDAM, dari eksekutif dan dilegislatif, alokasi anggaran yang tersedia, dan Perumda Batiwakkal dapat menyertakan nomor telepon, sms, atau nomor media sosial untuk masyarakat yang akan menyampaikan aduannya.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin,M.Si, Hj. E. Letizia Dyastari,S.Sos,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 10 Oktober 2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email