Strategi Peningkatan Kesadaran Kepemilikan Izin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (IUMKM) pada Pelaku UMKM di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda (Weni Dini Adillasari)

February 9, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Publik, Administrasi
On: Feb 9, 2023 @ 11:13 AM
IP: 103.187.88.25

  • 1. Title [Judul]: Strategi Peningkatan Kesadaran Kepemilikan Izin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (IUMKM) pada Pelaku UMKM di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Weni Dini Adillasari
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi UMKM, Kesadaran Hukum, IUMKM
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi peningkatan kesadaran kepemilikan izin usaha mikro, kecil, dan menengah pada pelaku UMKM di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, dan mengidentifikasi factor penghambat dan factor pendukungnya menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan, sikap terhadap peraturan, perilaku terhadap peraturan dan evaluasi proses pengajuan izin usaha mikro, kecil, dan menengah. Key informan yaitu Kepala Bidang Pelayanan Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kepala Seksi Pemberdayaan Kewirausahaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda, kemudian informan yaitu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah Kelurahan Teluk Lerong Ulu Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Strategi peningkatan kesadaran kepemilikan izin usaha mikro, kecil, dan menengah dilihat dari pengetahuan dan pemahaman terhadap peraturan banyak pelaku usaha yang belum mengetahui adanya izin bagi UMKM, sikap terhadap peraturan pelaku usaha menyetujui adanya peraturan izin bagi UMKM asalkan tidak memberatkan bagi pelaku usaha, perilaku terhadap peraturan menunjukkan masih banyak pelaku usaha yang tidak memiliki izin bagi UMKM, evaluasi proses pengajuan izin usaha mikro, kecil, dan menengah sudah cukup baik karena pelaku usaha dapat dengan mudah mengakses fasilitas untuk mendapatkan izin usaha. Adapun strategi untuk meningkatkan kepemilikan izin usaha ialah dengan memberikan pembinaan dan sosialisasi bagi pelaku usaha serta dibukanya layanan bantuan yang memuat informasi mengenai izin bagi usaha mikro, kecil, dan menengah.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Administrasi Publik
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Daryono, M.Si., Ph.D.
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 09/02/2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email