Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara (Sukma Hawani Putri)

February 7, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 7, 2023 @ 9:22 AM
IP: 180.248.83.7

  • 1. Title [Judul]: Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Dana Desa di Desa Sungai Mariam Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sukma Hawani Putri
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: pengelolaan, akuntabilitas, dana desa, perangkat desa, APBDesa
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akuntabilitas yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sungai Mariam dalam pengelolaan Dana Desa. Dengan fokus penelitian yaitu tentang Pengelolaan Dana Desa yang diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban, serta Akuntabilitas penggunaan Dana Desa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis melalui data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumen yang berkaitan dengan permasalahan penelitian serta terjun langsung ke lapangan lokasi penelitian guna melakukan observasi, wawancara serta dokumentasi.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Akuntabilitas yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sungai Mariam secara prosedur sudah baik, namun dari segi kegunaan masih sangat rendah. Hal ini tidak hanya dikarenakan Pemerintah Desa yang abai terhadap mekanisme Pengelolaan Dana Desa namun juga dikarenakan tidak ada bimbingan teknis mengenai pengelolaan dana desa serta pengawasan yang minim juga menjadi salah satu faktor yang membuat dana desa belum sepenuhnya efektif berguna bagi desa. Menurut penulis, ini menjadi kekurangan yang terus berulang dimana pertanggungjawaban tidak dapat sepenuhnya menjamin program tersebut berhasil dikarenakan program pemerintah tidak dibuat mendetail serta tidak diberikan bimbingan teknis yang bertujuan agar program tersebut menjadi tepat guna bagi tujuan program itu sendiri.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muhammad Noor, M.Si & Budiman,S.IP,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Article

Loading

Print Friendly, PDF & Email