PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP PADA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN (FARAH NABELA)
February 3, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Nabela, Farah
On: Feb 3, 2023 @ 9:12 PM
IP: 182.3.138.109
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP PADA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FARAH NABELA
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sistem dan
Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pesan Instan WhatsApp
Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2020 – 2021.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel Kualitas Sistem dan
variabel Kualitas Informasi serta variabel Kepuasan Pengguna. Sampel pada penelitian
ini berjumlah 69 responden dengan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas
Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal
ini dibuktikan dengan nilai sig Fhitung = 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t variabel Kualitas
Sistem secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna dan variabel Kualitas
Informasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna.
Hal ini dibuktikan dengan nilai sig thitung X1 = 0,000 0,05 di mana
yang berpengaruh signifikan adalah variabel Kualitas Sistem dengan Standardized
Coefficients Beta sebesar 0,581. Dan dari hasil uji dominan variabel Kualitas Sistem
merupakan variabel paling dominan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dibuktikan
dengan nilai Standardized Coefficients nilai variabel Kualitas Sistem sebesar 0,581 dan
variabel kualitas informasi sebesar 0,032 di mana yang memiliki nilai paling besar
adalah variabel kualitas sistem.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas
Informasi mempengaruhi Kepuasan Pengguna sebesar 36,3% sedangkan sisanya
63,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Hendaknya
pihak WhatsApp perlu memperbaiki sistem kualitas informasi aplikasi guna
meningkatkan kepuasan penggunanya.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Fikry Aransyah
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28/06/2022
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/47742
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: pdf
94 total views, 1 views today