PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP PADA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN (FARAH NABELA)

February 3, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nabela, Farah
On: Feb 3, 2023 @ 9:12 PM
IP: 182.3.138.109

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PESAN INSTAN WHATSAPP PADA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: FARAH NABELA
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: kualitas sistem, kualitas informasi, kepuasan pengguna
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Sistem dan
    Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Pesan Instan WhatsApp
    Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Mulawarman Angkatan 2020 – 2021.
    Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel Kualitas Sistem dan
    variabel Kualitas Informasi serta variabel Kepuasan Pengguna. Sampel pada penelitian
    ini berjumlah 69 responden dengan Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
    software SPSS versi 25.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas
    Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal
    ini dibuktikan dengan nilai sig Fhitung = 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t variabel Kualitas
    Sistem secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna dan variabel Kualitas
    Informasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna.
    Hal ini dibuktikan dengan nilai sig thitung X1 = 0,000 0,05 di mana
    yang berpengaruh signifikan adalah variabel Kualitas Sistem dengan Standardized
    Coefficients Beta sebesar 0,581. Dan dari hasil uji dominan variabel Kualitas Sistem
    merupakan variabel paling dominan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dibuktikan
    dengan nilai Standardized Coefficients nilai variabel Kualitas Sistem sebesar 0,581 dan
    variabel kualitas informasi sebesar 0,032 di mana yang memiliki nilai paling besar
    adalah variabel kualitas sistem.
    Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Sistem dan Kualitas
    Informasi mempengaruhi Kepuasan Pengguna sebesar 36,3% sedangkan sisanya
    63,7% dipengaruhi faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Hendaknya
    pihak WhatsApp perlu memperbaiki sistem kualitas informasi aplikasi guna
    meningkatkan kepuasan penggunanya.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Muhammad Fikry Aransyah
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28/06/2022
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: pdf

Loading

Print Friendly, PDF & Email