Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Di Desa Sebemban Kecamatan Muara Wis. Kabupaten Kutai Kartanegara (Jubiansyah)

February 3, 2023
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 3, 2023 @ 1:35 PM
IP: 36.85.5.194

  • 1. Title [Judul]: Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Di Desa Sebemban Kecamatan Muara Wis. Kabupaten Kutai Kartanegara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jubiansyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja, Pemerintah Desa, Pembangunan Masyarakat Desa
  • 4. Description [Abstrak] : ABSTRAK

    Jubiansyah Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pembangunan di Desa Sebemban Kecamatan Muara.Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Di bawah Bimbingan Bapak Budiman S.IP, M.Si.
    Pemerintah Desa sangat berperan dalam setiap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan di desanya serta harus mampu menjalankan tugasnya dalam melaksanakan pemerintahannya, pembinaan masyarakat, pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa. Sejalan dengan hal ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Pemerintah Desa dalam Pembangunan di Desa Sebemban Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai kartanegara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti serta menyajikan data dan menganalisisnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara serta observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara dilaksanakan bersama lima informan, yaitu :
    (1) Pj Kepala Desa, (2) Ketua BPD, (3) Kaur Perencanaan, (4) Ketua LPM, (5) tokoh masyarakat . Dengan menggunakan analisis data kualitatif berdasarkan Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat komponen (1) pengumpulan data (2) kondensasi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemerintah desa dalam rangka pembangunan masyarakat desa sudah cukup baik, bahwa kinerja adalah merupakan hasil kerja yang dicapai secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Hasil penelitian dari segi Kualitas Kerja pemerintah desa sebemban menunjukan bahwa sudah cukup baik namun masih harus ditingkatkan dalam segi pengawasan. Dan untuk kuantitas Kerja menunjukan bahwa pegawai di kantor desa sebemban selalu berusah menghasilkan kuantitas kerja cukup baik. Dimana pegawai selalu berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan dan serta menghasilkan pekerjaan sesuai yang diberikan atasan. Sedangkan faktor penghambat adanya keterbatasan sumber daya manusia baik dari segi tingkat pendidikan maupun keterampilan yang diperoleh dari pelatihan-pelatihan sesuai bidang kerja perangkat desa masih minim.

  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Budiman S.IP, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 3 februari 2023
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email